5 W + 1 H Marketing Bisnis Online

Jika anda ingin memulai bisnis online sebaiknya 5 W + 1 H ini ada dalam onlineshop saja. Lalu apa sajakah itu?

5 W + 1 H-Marketing-Bisnis-Online

1. Who ( Siapa )
Siapa yang akan menjadi target market produk anda?
Sebelum anda memulai berbisnis online anda harus bisa menentukan siapa yang akan menjadi target market anda, pria atau wanita, usianya berapa, apa akativitasnya, berapa penghasilannya. Jika sudah bisa menentukan segmen yang cocok anda akan mudah menjual produk anda.

2. Where ( Dimana )
Dimana target market berada? atau dimana anda akan berjulan online shop mau di sosial media atau platfrom market place? anda harus bisa menyesuaikan produk anda dengan segmen pasar anda. Seperti contohnya anda menjual produk barang – barang elektonik seperti kulkas, tv dll tidak mungkin anda berjualan di instagram seperti yang banyak online shop sekarang lakukan meskipun itu bisa namun kurang efektif. Sebaiknya anda bisa menjual di market place atau pun website anda sendiri.

3. What ( Apa )
Ini yang sangatlah penting, anda harus segera menentukan produk apa yang akan anda jual atau tawarkan. Pilihlah produk yang menjadi sosuli untuk calon konsumen. Misalnya anda menjual produk pelangsing, itu akan sangat menjadi solusi bagi mereka yang mungkin sedang proses diet.

4.When (Kapan )
Menentukan waktu yang tepat berjualan akan mempengaruhi daya tarik konsumen untuk membeli produk anda. misalnya anda ingin berjualan sepatu yang segmen pasarnya adalah para mereka karyawan dan ibu rumah – rumah tangga. Maka sebaiknya anda posting jualan sekitar jam 7 sampai jam 9 dimana mereka sedang dalam perjalanan berangkat ke tempat kerja.Nah biasanya dalam perjalanan, mereka akan stalking baik itu sosial media mereka ( instagram, fb, twitter) maupun market place. Karena kecenderungan wanita itu berbelanja maka mereka akan tertarik membeli sebuah produk walaupun itu hanya baru berupa gambar. Akan lebih bagus lagi ketika mereka stalking postingan anda lewat di beranda mereka, jadi kesempatan mereka untuk lebih penasaran lagi tentang produk anda jauh lebih tinggi.

5. Why ( Kenapa )
Kenapa konsumen harus membeli produk arnda? Berikan alasan yang bia membuat call to action artinya ketika calon konsumen sekali membaca copy writing anda tentang alasan menagpa harus membeli produk anda mereka akan langsung tertarik.

6. How ( Bagaimana )
Selain 5 W yang sudah kami jelaskan dia atas, yang terakhir adalah bagaimana anda akan menjual produk anda. Apakah anda ingin menjual dengan sistem agen, reseller atau langsung ke canlon konsumen.

(Visited 164 times, 1 visits today)
Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*