January 30, 2023
persalinan gentle birth

Proses persalinan adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap ibu hamil. Ada banyak rasa yang akan muncul antara antusias, cemas, takut, happy, bingung, panik dll menjadi satu. Tapi tahukah ibu, jika ada proses persalinan yang minim trauma dan takut ? Ada sebuha metode persalinan yang dipercaya dapat meminimalisir rasa sakit, trauma baik pada ibu maupun bayi. Yes, diartikel kali ini kita akan membahasnya secara detail.

Metode persalinan yang kita bahas adalah persalinan gentle birth. Persalinan gentle birth adalah proses bersalin secara normal yang minim sakit, trauma dan tenang. Proses persalinan ini dibantu oleh provider yang memang sudah spesialis untuk gentle birth. Menurut Isah Kambali yang melakukan persalinan dengan metode gentle birth “persalinan ini lebih singkat, minim sakit dan trauma”.

persalinan normal

Hal apa yang harus Anda siapkan untuk melakukan persalinan dengan metode gentle birth:

  1. Cari tahu info mendalam tentang metode gentle birth baik berupa proses persalinannya, hal apa saja yang perlu disiapkan, berapa biayanya, siapa provider atau tenaga ahlinya. Semakin Anda detail mencari informasi maka semakin baik untuk Anda
  2. Mengikuti kelas senam hamil/ yoga untuk ibu hamil. Olahraga tetap wajib untuk mempersiapkan stamina Anda untuk menghadapi proses persalinan. Terutama latihan nafas karena dalam proses bersalin banyak diperlukan latihan nafas untuk meminimalisir rasa sakit akibat proses pembukaan dari pembukaan 1 hingga lengkap
  3. Pilihlah provider yang sudah berpengalaman dengan metode gentle birth. Anda dapat mencari via sosial media, google ataupun youtube. Sudah banyak tersedia informasi terkait provider atau tenaga ahli yang menyediakan proses persalinan melalui gentle birth
  4. Tetap kontrol kondisi kehamilan Anda dengan tenaga kesehatan baik bidan maupun dokter kandungan. Pantau via USG atau pemeriksaan lainnya untuk mengetahui kondisi kehamilan terkini.
  5. Jaga stamina Anda baik dengan makan makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup. Karena proses persalinan memerlukan stamina yang prima.
  6. Lepaskan trauma saat kehamilan sebelumnya. Yes, hal ini perlu dilakukan karena bagaimana kita akan maju untuk masa depan jika Anda masih trauma untuk melahirkan. Mintalah bantuan provider untuk “healing trauma” Anda.

Nah, setelah melakukan persiapan diatas selanjutnya adalah mencari provider yang menyediakan program atau layanan persalinan gentle birth. Nah, berikut rekomendasi provider yang support persalinan gentle birth untuk wilayah Jabodetabek:

  1. Klinik Bidan Erie Tiawaningrum, klinik ini terletak di Perumahan Permata Citayam – Depok. Bidan Erie menyediakan layanan midwife, prenatal yoga teacher, fertility massage, persalinan gentle birth, postnatal treatment therapist
  2. Klinik Bidan Desi di Bekasi
  3. Rumah Sakit Kemang Medical Centre
  4. Tembuni Birth Center
  5. Rumah Bersalin Depok Jaya

Nah, yuk pilih metode persalinan yang aman dan tentunya minim trauma. Dan ingat terus pantau kondisi Anda dan calon baby di layanan kesehatan agar ibu dan anak lahir dengan sehat dan nyaman.

Persalinan adalah hal bahagia antara ibu, bayi dan keluarga

(Visited 81 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *