Apa yang dimaksud Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT)?

GNNT Indonesia
Gerakan Non Tunai

Apa yang dimaksud dengan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) – ya, Bank Indonesia sedang mencanangkan gerakan ini, dimana kita direkomendasikan untuk mengganti kebiasaan menggunakan uang tunai alias cash menjadi transaksi-transaksi debit atau disebut dengan gerakan non tunai. Bahkan dikalangan anak muda gerakan ini dikenal dengan cashless society. 

Pada dasarnya kita sudah melakukan hal ini sejak lama tapi belum masif seperti masyarakat yang berada di kota-kota besar.

Dan menurut Bank Indonesia “GNNT ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan instrumen non tunai, sehingga berangsur-angsur terbentuk suatu komunitas atau masyarakat yang lebih menggunakan instrumen non tunai (Less Cash Society/LCS) khususnya dalam melakukan transaksi atas kegiatan ekonominya. Sebagai bentuk komitmen atas perluasan penggunaan instrumen non tunai, kami akan menjadikan GNNT sebagai gerakan tahunan yang didukung dengan berbagai kegiatan untuk mendorong meningkatkan pemahaman masyarakat akan penggunaan instrumen non tunai dalam melakukan transaksi pembayaran,” demikian disampaikan Agus D.W. Martowardojo dalam sambutannya pada Kamis, 14 Agustus 2014 di Jakarta secara resmi mencanangkan “Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT)”.

Kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan HUT ke-69 Republik Indonesia di Bank Indonesia. Pencanangan ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Bank Indonesia dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, Pemerintah Daerah serta Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia sebagai komitmen untuk mendukung GNNT. Acara ini diselenggarakan di Mangga Dua Mall, Jakarta yang merepresentasikan pusat transaksi keuangan.

Lalu transaksi apa saja yang dapat kita manfaatkan ?

  1. Pembayaran tagihan listrik, telepon, TV berlangganan, cicilan kredit dan rumah.
  2. Pembelian pulsa
  3. Belanja offline di supermarket dan online di berbagai onlineshop atau marketplace
  4. Pembelian tiket kereta, pesawat, booking hotel, tiket konser dan tiket seminar
  5. Gaji karyawan
  6. Bayar pajak
  7. Bayar tol dan parkir
  8. Dan transaksi-transaksi lainnya yang tentunya akan memudahkan anda baik dari segi waktu, tenaga dan praktis tentunya.

Jadi, anda dapat tahu dengan detail tentang apa itu Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dan bagaimana manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari, mudah, hemat dan tentunya praktis.

(Visited 692 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*