July 19, 2024

Apa yang harus dilakukan ketika darah menstruasi menggumpal?

0
darah menstruasi

Anda Sedang Haid ? Sedang panik karena darah yang keluar dari siklus haid malah menggumpal, apakah siklus haid ini normal ? Ini aman atau ada indikasi yang lainnya ? Daripada bingung, langsung saja baca artikel dibawah ini yang akan mengupas tentang darah menstruasi yang menggumpal baik tips, bahaya dan langkah apa yang harus dilakukan.

Siklus Haid

Siklus haid adalah siklus yang terjadi setiap bulan dimana darah menstruasi atau haid karena dinding rahim tidak terbuahi. Proses meluruhnya darah ini sangatlah normal dirasakan setiap wanita. Adapun darah baik warna, gumpalan dll akan berbeda antara yang satu dengan lainnya. Interval siklus haid terjadi antara 21-35 hari dengan proses haid terjadi biasanya mulai ari 2-7 hari.

Darah Menggumpal

Darah menstruasi menggumpal, hal ini pasti ditakutkan apalagi jika terjadi lebih dari satu kali dan terbilang sering. Proses ini pada dasarnya adalah normal dan terjadi di 2 hari pertama siklus haid dan jarang menimbulkan efek pada kesehatan. Tentunya kita harus detail cek darah haid kita apakah menggumpal biasa atau ada hal lain seperti warna yang pekat seperti hati, apakah jumlahnya banyak, apakah berlangsung lebih dari 2 hari dst.

Darah yang menggumpal jika disertai dengan sakit perut yang parah, mual, muntah bahkan demam maka perlu dikhawatirkan. Karena hal ini memiliki kecenderungan bahwa hal tersebut adalah tanda-tanda dari munculnya penyakit seperti:

  1. Endomethriosis
  2. Kehamilan ektopik
  3. Infeksi
  4. Adenomiosis
  5. Obstruksi rahim
  6. Keguguran

Nah, untuk detailnya pastikan Anda untuk mengecek beberapa hal dan tentunya melakukan konsultasi dengan tenaga medis. Tapi, untuk penanganan pertama saat haid mengalami gumpalan maka hal inilah yang harus kita lakukan:

  1. Cek jenis gumpalannya. Darah yang menggumpal biasanya dipengaruhi oleh siklus yang pendek dimana rahim hanya memiliki waktu yang sedikit untuk meluruhkan jaringan yang tidak terbuahi. Karena siklusnya pendek maka darah masih menggumpal dan tidak luruh sempurna.
  2. Tetap cukup minum, ya hal ini sangat wajib karena kita juga mengeluarkan cairan saat mengalami haid. Maka cukup minum dan olahraga ringan akan menjaga stamina kita sepanjang hari.
  3. Tetap istirahat, ketika ada mengalami haid maka pastikan untuk tidur dan istirahat yang cukup karena proses menstruasi akan menimbulkan beberapa dampak seperti mudah lelah, lemas dan mood yang berubah karena pengaruh hormon.
  4. Hindari stress, suka tidak suka dengan adanya stress maka akan mengacaukan siklus haid kita menjadi berantakan dan mood yang mudah berubah drastis sehingga membuat kita kurang nyaman.
  5. Harus ganti pembalut agar tidak lembab dan iritasi. Bila perlu selalu bawa cadangan ditas saat Anda beraktifitas diluar ruangan. Memilih pembalut yang tepat, dan secara berkala menggantinya maka akan meminimalisir aneka keluhan yang muncul.

Tidak cukup itu saja, kita juga harus memperhatikan pembalut yang kita pakai apakah nyaman digunakan selama aktifitas, apakah aman, apak tidak menimbulkan gatal-gatal dan tentunya berapa kali dalam sehari kita harus mengganti pembalut.

pakai pembalut charm
Dan salah satu pembalut yang kami rekomendasikan adalah Charm Extra Dry yang mampu menyerap gumpalan secara cepat dan tidak menyebabkan bocor karena darah menstruasi yang banyak. Dengan panjang 25 cm bahkan 29 cm untuk varian night maka kita dapat beraktiftas dan istirahat dengan nyaman tanpa takut tembus kebalakang.

Aktifitas aman, nyaman meski haid sedang banyak-banyaknya. Selalu jaga kebersihan daerah intim Anda dengan berkala mengganti pembalut Charm Extra Day agar tetap kering dan nyaman saat beraktifitas. Gaya hidup sehat, berat badan ideal adalah langkah agar tetap sehat dalam situasi apapun.

(Visited 31 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *