Bantu Sesama dengan Dukung GNNT menjadi LKD

GNNT
Bantu GNNT

Kita semua tahu dan setuju jika sebaik-baiknya manusia adalah yang bisa memberikan manfaat bagi manusia lainnya. Hal ini perlu dihayati dan dilakukan dengan baik oleh semua orang tanpa terkecuali, tanpa memandang perbedeaan status, atau unsur RAS apapun, karena alangkah akan sangat indah jika semua orang saling memberikan manfaat untuk satu sama lain bukan?

Apalagi jika kita memberikan manfaat untuk orang lain yang sedang membutuhkan pertolongan seperti masyarakat kalangan ekonomi lemah, masyarakat yang setiap harinya harus berjuang lebih keras untuk mendapat pendapatan, untuk sekedar memakan sesuap nasi, dan menghidupi keluarganya. Inilah tugas mulia yang harus kita emban untuk membantu sesama agar senyum kembali tercermin di wajah mereka.
Dan banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membantu sesama, seperti menjadi Agen Layanan Keuangan Digital atau LKD. LKD adalah program inisiatif Bank Indonesia yang bertujuan untuk memperluas sistem pembayaran dan keuangan yang formal yang khusus diperuntukan bagi masyarakat dengan kondisi ekonomi lemah atau disebut dengan kebijakan keuangan inklusif untuk mendukung aktivitas ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan individu atau rumah tangga, serta mengurangi kemiskinan dan pemerataan pendapatan bagi masyarakat dengan ekonomi lemah. Layanan LKD ini dilakukan secara mobile atau berbasis ponsel dan web atau melalui situs resmi pihak Bank penerbit layanan. Dengan 2 media ini, masyarakat pemegang layanan dituntut untuk memiliki uang yang disimpan di Bank dan memiliki Internet Banking. Namun, apakah mungkin masyarakat kalangan ekonomi lemah memilikinya? Tentu saja jangan khawatir, karena salah satu dari bentuk layanan LKD adalah membantu dan membimbing calon pemegang layanan untuk melakukan registrasi ke pihak Bank penerbit untuk memiliki Internet Banking dan Uang Elektronik.
Selain membantu masyarakat untuk sejahtera, LKD dengan sistem mobile dan web nya juga turut berkontribusi untuk mendukung mengkampanyekan Gerakan Nasional Non Tunai, sebuah program dari Bank Indonesia yang bertujuan agar masyarakat mulai beralih dari kebiasaan transaksi dengan uang tunai ke transaksi menggunakan uang non tunai dalam hal ini uang elektronik karena untuk mengurangi potensi praktek korupsi dan biaya pengadaan uang tunai. Dengan demikian, menjadi Agen LKD, Anda akan memberikan 2 manfaat sekaligus bagi orang lain, membantu agar sejahtera dan mendukung GNNT. Jadi janganlah ragu menjadi Agen LKD, bukankah kita sepakat bahwa hidup adalah untuk memberi manfaat bagi sesama?

Adapun untuk menjadi seorang Agen LKD, beberapa syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:
1.Merupakan perseorangan atau badan usaha yang tidak berbadan hukum.
2.Memiliki kemampuan, reputasi, dan integritas yang baik di wilayah operasionalnya.
3.Untuk badan usaha, memiliki usaha utama yang sedang berjalan dengan lokasi usaha tetap paling singkat 2 (dua) tahun, dengan persyaratan sebagai berikut:

a.Bagi calon Agen LKD Individu berupa perseorangan harus merupakan penduduk setempat dan memiliki usaha yang sedang berjalan dengan lokasi usaha tetap paling singkat 2 (dua) tahun yang dibuktikan dengan keterangan dari kepala pemerintahan setempat, paling kurang dari Ketua Rukun Tetangga (RT), atau Kepala Adat.
b.Bagi calon Agen LKD Individu berupa badan usaha yang tidak berbadan hukum harus memiliki usaha yang sedang berjalan dengan lokasi usaha tetap paling singkat
2 (dua) tahun yang dibuktikan dengan dokumen antara lain: Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), atau Surat Keterangan Usaha (SKU) dari Kelurahan atau Desa setempat.
c.Surat keterangan yang dimaksud di atas paling kurang memuat informasi mengenai lama domisili atau tanggal dimulainya usaha, alamat, pemilik, dan bidang usaha.
4.Lulus proses uji tuntas (due diligence) oleh Bank.
5.Menempatkan deposit pada Bank dengan jumlah sesuai yang ditetapkan Bank.
Persyaratan tersebut tidaklah sulit untuk dilakukan bukan? Apalagi jika kita ikhlas melakukannya untuk membantu sesama, semua akan terasa ringan. Mari bersama-sama menjadi Agen LKD, bersama-sama membantu sesama, bersama-sama mengembalikan senyuman mereka, dan bersama-sama melaksanakan GNNT dengan mereka.

foto : simplemarriage

(Visited 51 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*