Hati-hati ya dengan alergi dingin dan debu

alergi dingin dan debu

Anak ibu mengalami alergi dingin dan debu ? Mulai muncul aneka gejala yang bikin anak rewel dan ga nyaman. Jika IYA, maka artikel kali ini super recomended untuk dibaca dan dipraktekan.

Ketika anak mengalami alergi dingin dan debu kita harus memperhatikan penyebab dan bagaimana mengatasinya. Andaipun tidak dapat diatasi kita dapat mulai meminimalisir akibatnya.

Alergi dingin

alergi dingin dan debu

Jika anak Anda menderita alergi dingin maka akan mengalami gejala seperti:

  1. Kulit kemerahan dan gatal-gatal
  2. Bengkak pada area yang terpapar
  3. Bibir membengkak
  4. Sulit bernapas
  5. Hipotensi
  6. Anafilaksis

Sedangkan hal yang menyebabkan dia mengalami alergi dingin karena penurunan suhu udara yang menyebabkan timbulnya gejala seperti diatas. Dan cara mengatasinya yaitu dengan melakukan konsultasi dengan dokter karena akibat fatal bisa terjadi misalnya timbulnya sesak nafas dan anafilaksis. Jika muncul dua keluhan diatas segera bawa anak Anda ke IGD layanan kesehatan terdekat agar lekas diberi penanganan.

Selain itu diperlukan juga memberikan obat antihistamin dan tentunya pemberian obat ini setelah berkonsultasi dengan dokter sehingga aman dan mampu mengurangi serta meredakan keluhan. Obat antihistamin sendiri berfungsi untuk menekan reaksi histamin yang dikeluarkan oleh imun tubuh kita yang biasanya ditandai dengan munculnya kemerahan dan rasa gatal dikulit.

Diperlukan langkah pencegahan juga ketika anak Anda mengunjungi tempat yang mempunyai temperatur rendah/dingin. Persiapkanlah baju hangat, kaos tangan, kaos kaki, baju yang tebal, jaket serta membawa obat untuk alergi dingin. Dengan memakai baju yang tebal maka reaksi dari alergi ini bisa dikurangi.

Alergi debu

Seperti alergi dingin, untuk anak Anda yang mengalami alergi debu pastikan bahwa faktor pemicu bisa ditekan atau dihindari. berikut beberapa tips agar anak Anda tidak mengalami reaksi akibat alergi debu:

  1. Pastikan tidak ada debu disekitar rumah Anda, selalu rutin bersihkan lingkungan rumah baik didalam maupun diluar ruangan agar debu tidak menempel.
  2. Ingatkan ke anak Anda ketika Anda ingin membersihkan debu agar dia menjauh sejenak. Sehingga dia tidak langsung terpapar dengan debu yang berterbangan saat kita sedang membersihkan rumah.
  3. Gunakan masker jika memang anak Anda berada diluar ruangan. Anda bisa menyimpan masker cadangan di tas sekolahnya jika sewaktu-waktu dibutuhkan.
  4. Konsultasikan ke dokter untuk langkah pencegahan dan pengobatan. Dan pastikan Anda menyimpan obat cadangan jika anak Anda mengalami reaksi akibat alergi debu.
  5. Komunikasikan ke anak Anda bahwa setiap orang bisa mengalami alergi debu dan hal ini lumrah dialami oleh setiap orang karena berbeda sistem imun tubuh masing-masing. Berilah pengertian bahwa semuanya akan baik-baik saja selama kita mampu menghindari faktor pemicu.\

Selalu support anak Anda ketika dia mengalami alergi dingin dan debu baik melalui langkah pencegahan maupun pengobatan. Dan pastikan selalu menjaga asupan gizi anak Anda agar sistem imunnya menjadi lebih baik. Anak sehat, tumbuh dan pintar adalah impian setiap orangtua.

(Visited 13 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*