Ilmuwan cilik dari SD dan SMP Al Ma’soem

boarding school almasoem
yayasan almasoem

Ada ungkapan bahwa anak Indonesia itu cerdas-cerdas, hal ini pun telah banyak buktinya. Banyak dari anak bangsa yang meraih prestasi di jalur akademis dan non akademis termasuk dalam bidang entertainment. Untuk bidang teknologi, Indonesia berkali-kali mendapatkan gelar dan penghargaan di tingkat regional dan juga internasional.

Siswa SD Al Ma’soem yang tergabung dalam KIR – ASIC Bidang Robotik kembali menorehkan prestasi yang sangat baik dalam Kompetisi Robotik pelajar; ITENAS Technology and Innovation Championship 2018 yang diikuti oleh para pelajar SD/MI/Sederajat se-Provinsi Jawa Barat.

Moch. Fachry Akbar kelas V – C dan Bintang Az-Zahra kelas IV – Akselerasi, dua orang siswa SD Al Ma’soem yang mewakili sekolah untuk bersaing dengan peserta didik dari sekolah-sekolah favorit lainnya dan berhasil meraih Medali Perak (2nd Place) pada bidang kategori Applicative Robot.

“Ada beberapa tim dari SD Al Ma’soem yang ikut dalam ITENAS Technology and Innovation Championship 2018, dan alhamdulillah salah satunya yang berkompetisi dalam kategori Applicative Robot; Fachry dan Bintang berhasil meraih Juara II setelah bersaing dengan puluhan pelajar lainnya.

“Pada kategori Applicative Robot penilaiannya adalah melalui kemampuan inovasi dan kreativitas dalam mendesain dan penerapan kegunaan robot tersebut yang dapat dimanfaatkan oleh kita dalam kehidupan sehari-hari. Dan alhamdulillah para peserta didik bisa meraih juara kedua melalui robot yang mereka desain sendiri. Ini merupakan pencapaian yang sangat membanggakan kami sebagai pembimbing,” ungkap Chandra Febriansyah, S. Kom., beberapa waktu lalu.

Sedangkan dari kakak kelas SD Al Ma’soem , dua orang siswa SMP Al Ma’soem berhasil menorehkan prestasi yang impresif dengan keluar menjadi juara utama dalam kompetisi robotic antar pelajar tingkat Provinsi Jawa Barat. Tim Robotik KIR – ASIC SMP Al Ma’soem yang diwakili oleh, Muhammad Daffa Rial dan Muhammad Ridwan Nurjaman, keduanya adalah kelas VIII – Super 1, berhasil meraih Medali Emas (1st Place) pada Kategori Robot Drone Racing.

Kompetisi yang bertajub ITENAS Technology and Innovation Championship 2018 ini diikuti oleh puluhan tim robotic yang berasal dari sekolah-sekolah se-Jawa Barat. Menurut pembimbing tim robotic SMP Al Ma’soem, Chandra Febriansyah, S. Kom., tim ASIC SMP mengirimkan beberapa tim untuk mengikuti kejuaraan tersebut, dan Tim Robot Drone berhasil menorehkan prestasi impresif.

“SMP Al Ma’soem mengirimkan beberapa tim untuk ikut dalam beberapa kategori yang diperlombakan, dan alhamdulillah dalam kategori Robot Drone Racing para peserta didik dapat menorehkan prestasi yang sangat baik. Persaingan sangat ketat, namun alhamdulillah mungkin karena para peserta didik sudah terlatih ikut kompetisi-kompetisi robotic jadi mereka bisa all out dalam penampilannya.

“Prestasi ASIC – Robotic selama ini sangat membanggakan, belum lama ini sekitar bulan Maret para peserta didik sudah mengikuti kompetisi robotic se-Asia Tenggara di Thaliand. Kemarin diasana tercatat ada puluhan pelajar dari sekolah di lima negara ASEAN yang mengirimkan para lajranya untuk berkompetisi robotic. Alhamdulillah para peserta didik kita bisa menorehkan prestasi yang baik,” ungkap Chandra.

juara robotik dari Almasoem

Muhammad Daffa Rial menjelaskan bahwa pertandingan kemarin berjalan dengan sangat ketat, selain karena para peserta yang mengikuti kompetisi ini sangat baik tapi karena ini merupakan kali pertamanya dia mengoprasikan drone dalam perlombaan.

“Jujur saja kompetisi kemarin sangat seru sekali, para peserta yang ikut tampil dalam kompetisi kemarin hebat-hebat baik dari teknik pengendalian robotnya juga karena robot buatan mereka bagus-bagus. Dan ini juga pertama kalinya kami (Muhammad Daffa Rial dan Muhammad Ridwan Nurjaman) mengoprasikan drone kami dalam kompetisi.
“Biasanya jika ada lomba robotic kami ikut di kategori Sumo Robot atau di Soccer Robot, tapi alhamdulillah bisa mengerahkan kemampuan terbaik dan mendapat medali.

Para pembibimbing memang suka mendorong kami di ASIC untuk selalu eksplor kemampuan yang kami miliki, biar serba bisa,” ungkap Daffa.
Mendorong dan mengembangkan minat, bakat, dan potensi setiap anak didik melalui berbagai kegiatan ektrakurikuler yang bervariasi merupakan misi yang diemban oleh Yayasan Al Ma’soem Bandung dalam mendukung para peserta didiknya untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki.

Hal tersebut tercermin melalui kesungguhan yayasan dalam mengembangkan minat, bakat, dan potensi setiap peserta didik melalui fasilitas dan pembina yang disediakan oleh yayasan guna mendukung perkembangan setiap peserta didik Al Ma’soem. Hasil dari dukungan yayasan terhadap perkembangan para peserta didiknya adalah prestasi yang berhasil diraih dan ditorehkan peserta didik Al Ma’soem dalam kompetisi-kompetisi nasional maupun internasional. Info detail tentang sekolah di Al Ma’soem klik www.almasoem.sch.id

(Visited 18 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*