January 30, 2023

Ini Dia Tanda-Tanda Menstruasi yang Wajib Diketahui

tanda tanda menstruasi

Lagi nunggu menstruasi datang ? Sudah jenuh, dan pengen tahu apa saja tanda-tanda menstruasi agar tidak mengganggu aktifitasmu? Nah, artikel kali ini membahas tentang tanda-tanda menstruasi yang wajib kita ketahui, kalau sudah tahu sebabnya maka akan lebih mudah untuk menanganinya.

Nah, jika kita membahas tanda-tanda menstruasi maka sebelumnya kita kenal terlebih dahulu ya “apa itu menstruasi?”

Menstruasi adalah siklus dimana keluarnya darah dan sel telur dikarenakan tidak mengalami proses pembuahan. Durasi menstruasi mulai dari 3-7 hari. Perbedaan lamanya menstruasi tergantung dari banyak atau tidaknya darah yang keluar.

Jika kamu mengalami menstruasi kurang dari 3 hari biasanya darah yang keluar lebih banyak. Dan sebaliknya jika darah menstruasimu sepertinya tidak kunjung berhenti maka bisa jadi ada gangguan hormonal seperti efek pemakaian pil KB, ada indikasi PCOS, andemiosis, penyakit tiroid sampe dengan obesitas. Pastikan jika darah menstruasimu mulai terasa kurang normal langsung hubungi tenaga kesehatan.

Nah, berikut adalah tanda-tanda jika kamu akan mengalami menstruasi:

  1. Perut rasanya kembung, ini adalah tanda-tanda kalau kamu mau menstruasi. Tapi bukan karena terlalu banyak minum atau masuk angin melainkan merasa tidak nyaman di perut akibat terjadinya perubahan hormon
  2. Mood berubah drastis, hal ini dikarenakan terjadinya perubahan hormon pada tubuh. Kadar hormon estrogen dan progestin yang turun akan memberikan dampak kepada hormon serotonin yang memang memiliki tugas untuk mengatur mood kita.
  3. Muncul jerawat
  4. Payudara terasa nyeri
  5. Sakit kepala
  6. Diare disebabkan oleh kerja prostaglandin yang memicu kontraksi pada rahim dan usus dan dampaknya adalah kamu akan mengalami diare
  7. Rasa sakit area perut, hal ini biasanya terjadi saat hari 1-2 saat menstruasi. Hal ini terjadi karena hormon prostaglandin sedang bekerja. Hormon ini akan berjumlah lebih banyak saat hari pertama menstruasi. Dia akan memicu otot dan pembuluh darah pada rahim berkontraksi untuk menghilangkan lapisannya. Dan hormon ini akan mulai mereda kinerjanya setelah hari ke 2 dan seterusnya. Oleh karena itu rasa sakit saat menstruasi banyak terjadi saat hari pertama sampai hari kedua.
  8. Sulit berkonsentrasi. Hal ini dikarenakan darah keluar saat menstruasi yang mengakibatkan kita akan mengalami dehidrasi. Apalagi jika kamu mengalami anemia, maka akan makin sulit untuk berkonsentrasi. Ingat, bahwa komposisi otak 80% nya adalah air. Jika kita dehidrasi maka akan sulit untuk berkonsentrasi.

Nah, setelah mengetahui tanda-tanda menstruasi selanjutnya adalah tips bagaimana kita menanggulangi menstruasi yang mulai kurang nyaman:

  1. Cukup minum air putih. Meminum air putih akan melancarkan peredaran darah dan tentunya mencegah terjadinya dehidrasi. Minum air putih yang cukup juga akan membantu untuk meredakan nyeri saat menstruasi, meredakan sakit punggung akibat menstruasi.
  2. Lakukan pijat untuk mengurangi rasa sakit. Lakukanlah pijat yang ringan sehingga peredaran darahmu makin lancar dan tentunya mengatasi otot-otot yang kaku.
  3. Mandi air hangat. Mandi dengan air hangat akan mengurangi rasa nyeri, kram akibat menstruasi. Air hangat membuat kamu lebih rileks, peredaran darah lebih lancar, mengendurkan otot-otot rahim. Mandi air hangat membuat kita lebih segar apalagi setelah seharian kamu beraktifitas di luar ruangan.
  4. Lakukan olahraga ringan. Olahraga yoga, jalan santai , aerobik santai akan membuatmu makin rileks. Dan efek olahraga ringan juga membuatmu lebih mudah untuk tidur dan tentunya membuat badan lebih segar.
  5. Gunakan pembalut yang nyaman, tidak hanya itu saja melainkan juga harus sering ganti pembalut saat sudah penuh atau merasa agak sedikit lembab. Tips tambahan selain itu adalah bawa selalu pembalut tambahan dan kantung kresek berwarna hitam untuk berjaga-jaga jika kamu sedang beraktifitas di luar rumah. salah satu pembalut yang recomended adalah Charms yang memiliki banyak pilihan baik untuk aktifitas siang harui hingga pembalut yang lebih panjang untuk malam hari.

Selalu aware pada tubuhmu, apda siklus menstruasimu. Bisa dibilang siklus ini sangatlah penting bagi seorang wanita karean hal ini terkait rahim. Tetap beraktifitas meski kamu sedang menstruasi.

(Visited 10 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *