Kisah Inspiratif Nilam Sari, Owner Kebab Turki Babarafi

Nilam Sari

Siapa yang tak kenal dengan Kebab Babarafi? pastinya anda mengenal semua Kuliner Kebab yang sudah tak asing lagi di Indonesia. Tapi kalau di tanya siapa Ownernya apa banyak yang tahu? tahunya cuma makanannya saja yaa… 😀 . Yuk kenalan dengan Owner Cantik yang Makanannya sudah terkenal di Indonesia, Sosok yang Sangat Inspiratif  ini bernama Nilam Sari Setiono. Simak Kisah Inspiratif Nilam Sari, Owner Kebab Turki Babarafi.

Nilam Sari
                           Nilam Sari

Bermula di usia 19 tahun di Surabaya, Nilam Sari dan Calon Suami yang pada saat itu, memutuskan untuk menikah di usia yang terbilang muda pada saat Masa kuliah juga. Keduanya dikaruniai seorang anak Setahun kemudian yang di beri nama Rafi, yang menjadi Inspirasi Mereka dan juga Cikal Bakal nama Kuliner asal Timur Tengah ini dengan nama Kebab Babarafi.

Lahirnya sang anak membuat dua Pasangan ini ingin menghasilkan Uang sendiri meski mereka masih kuliah. Mereka ingin mencoba mandiri dan tidak memanfaatkan Fasilitas yang diberikan Orang tuanya. Namun yang menjadi kendala mereka pada saat itu, keduanya belum memiliki Ijazah dan tidak punya modal untuk Berbisnis. Dengan bermodalkan tekad yang kuat, dan juga Lahirnya sang anak, akhirnya mereka mulai berbisnis.

Di awal menjalankan bisnis, Ternyata mereka bukan langsung memulai Berjualan Kebab, Melainkan Hamburger, Hotdog, dan Nugget. Dengan modal yang mereka dapat dari uang pas nikahan, mereka memulai dengan membeli Gerobak dan modal lainnya. Tapi ternyata dagangan mereka seperti Hamburger, kalah oleh tekanan Merk Burger lain yang lagi Tren kuliner juga di Surabaya pada saat itu.

Lepas dari Bisnis Hamburger, Nilam dan Hendi sang suami kemudian berjalan-jalan ke Qatar sekitar sebulan. Mereka berjalan-jalan di Qatar dan akhirnya mereka menemukan Makanan jenis kebab yang belum banyak dikenal di Indonesia kala itu. Sepulang dari Qatar mereka mencoba membuat dan memodifikasi Kebab yang menjadi inspirasi mereka pada saat di Qatar. Mereka mencoba menyesuaikan Rasa kebab dengan lidah Orang Indonesia, lalu lahirlah Kebab ala Baba Rafi yang bercita Rasa Indonesia.

Kemudian dengan modal sebuah Gerobak seharga Rp 4 Juta, Mereka memasarkan Kebab yang sudah di racik sesuai dengan Lidah Orang Indonesia. Tantangan yang mereka dapat adalah Masyarakat di Surabaya pada saat itu belum begitu Familiar dengan Produk Kuliner asal Timur Tengah itu. Walaupun begitu Nilam tak patah Arang, Ia dan suaminya mengedukasi Pasarnya tentang Kebab yang mereka Jual itu. Hasil Perjuangannya membuahkan Hasil, dan membuat masyarakat mulai penasaran dengan Kebab Nilam, dan akhirnya di Serbu oleh Konsumen. Berawal dari 1 Gerobak hingga akhrinya mampu membeli Ruko sendiri, Hingga memiliki Gedung kantor seperti sekarang.

Setelah sukses Bisnisnya, mereka membuat bisnisnya menjadi Frachise pada 2005, lalu Kebab Turki Baba Rafi memindahkan kantor Pusatnya ke kawasan Fatmawati, Jakarta selatan. Kini, Kebab Turki Babarafi sendiri mempunyai lebih dari 1000 Outlet di Indonesia dengan 1500-an Pegawai. Bukan hanya di Indonesia, Outlet Kebab Babarafi pun sudah tersebar di Malaysia, Filipina dan sedang dalam persiapan mengembangkan Bisnis ke Eropa.

Berbisnis Kuliner atau apapun pasti butuh yang namanya perjuangan, yang kita tahu Babarafi sudah sebesar sekarang, tapi tidak tahu bagaimana perjuangan mereka membangun bisnis ini. Yang penting berjuang, FOKUS, dan jangan lupa Refreshing, dengan Refreshing kalian akan menemukan inspirasi, juga yang paling terpenting Berdoa kepada Yang Maha Pemberi Rezeki, Allah Swt. Semoga Kisah ini membuat kita Terinspirasi terutama untuk para Wanita, dan juga Pasangan yang belum menikah.

Baca Juga :

Kisah Inspiratif Elly Risman , Psikolog Penyayang Anak

(Visited 343 times, 2 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*