Kunci Sukses Jack Ma Pendiri Alibaba Group

Ketika kita melihat orang yang sangat sukses dalam bisnisnya dengan kekayaan ( financial ) yang begitu banyak, pasti membuat kita ingin mengikuti jejak mereka. Namun jangan salah sangka perjuangan mereka juga cukup berat untuk mencapai itu semua, kita yang hanya sebagai penonton tak pernah bisa merasakan betapa perihnya hati mereka saat masa perjuangan. Kerja keras untuk memperjuangkan kesuksesan memang sangatlah dibutuhkan, jika kita hanya mengingkan kesuksesan saja tanpa mau menjalani proses dalam mencapai kesuksesan itu maka kita hanya akan menciptakan sebuah kegagalan semata.

Kunci-Sukses-Jack-Ma-Pendiri-Alibaba-Group

Jack Ma atau Ma Yun adalah seorang pengusaha China,ia dilahirkan pada tahun 1964. Sebelum ia menjadi seorang miliarder seperti saat sekarang ini, ia pernah menjadi pengajar bahasa inggris di salah satu perguruan tinggi.Dalam perjalanan karirnya ia pernah beberapa kali di tolak saat melamar pekerjaan. Pada awalanya sebenarnya ia bukanlah sosok yang menguasai internet, ia pertama kali menggunkan internet pada tahun 1995. Sebelum ia memutuskan untuk mendirikan alibaba ia mengumupulkan 24 orang temannya untuk dimintai pendapat, namun 23 orang temannya itu memintanya untuk tidak melanjutkan impiannya itu, bukan karena alasan modal namun lebih karena ketidaktahuannya tentang dunia internet.

Dari 24 orang tadi hanya seorang yang mendukung keinginannya,
” Kalau kamu memang ingin melakukannya, coba saja. Kalau memang nanti semua tidak berjalan seperti yang engkau inginkan, kamu tinggal kembali ke hal yang kamu lakukan sebelumnya “. ujar seorang temannya.

Ucapannya temannya pun menjadi inspirasinya untuk memulai bisnis alibaba.com keesok paginya tanpa memperdulikan banyak orang yang merendahkan idenya.
Dalam salah satu wawancaranya ia menyatakan bahawa ia mempertahankan idenya bukan karena keyakinannya pada kemajuan internet di masa depan namun lebih pada kepercayaannya akan mendapatkan sesuatu pada pengalaman ini. Ia mengatakan, ” Apapun yang dihadapi seseorang, entah itu kesuksesan atau sebuah keberhasilan sebenarnya sudah merupakan pengalaman untuk menuju sukses. Aku harus melakukan ini sebaik – baiknya. Kalau tidak berhasil aku akan kembali ke pekerjaanku dulu”.

Saat ini Jack Ma menjadi orang terkaya di China, dan menepati posisi ke 23 pada jajaran miliarder dunia. Semangatnya telah mengubah seorang pria muda yang di tolah oleh sekolah dan puluhan perusahaan menjadi salah seorang miliarder dunia.

Baca Juga :

Alasan Kenapa Ibu Rumah Tangga Harus Produktif 

(Visited 119 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*