January 30, 2023
anak dan tabungan

nabung

Membekali anak dengan M-banking – Di zaman yang serba canggih dan modern seperti sekarang, bukan hanya orang tua yang harus selalu mengurusi masalah keuangan. Anak juga harus dapat mulai belajar mengatur pengeluaran dan pemasukannya dengan baik. Membuka rekening di bank adalah salah satu langkah awal yang cukup efektif untuk menumbuhkan sikap tanggung jawab serta kemandirian anak. Melatih anak mengatur keuangannya sendiri dapat dilakukan dengan memberikan uang saku bulanan melalui transfer ke rekening bank. Dengan memiliki akun bank sendiri, anak juga akan menjadi lebih berhati-hati dan cermat untuk menentukan apa-apa yang diperlukannya. Selain itu, dengan menggunakan uang non tunai, secara tidak langsung juga orang tua sudah mengajarkan anak untuk menjadi bagian dari dunia modern.
Dalam pengurusan rekening bank, anda sebagai orang tua modern dapat “melepaskan” sendiri anak untuk mengurus segala keperluannya dengan dibantu teller bank, atau dapat pula anda dampingi sekedar untuk memberikan pengarahan-pengarahan teknis kecil dan memberikan dukungan moral. Sebisa mungkin, jangan anda yang membukakan rekening anak anda. Karena dalam proses pembukaan rekening, sang anak akan mendapatkan sedikit banyak gambaran tentang menabung di bank sehingga ia tidak akan “kaget” akan segala sesuatu yang berhubungan dengan rekeningnya.
Ada pula cara untuk membantu anak mempermudah mengelola rekeningya, yaitu dengan menggunakan mobile banking atau yang biasa dikenal dengan sebutan M-Banking. M-Banking adalah salah satu aplikasi yang dapat diunduh di smartphone anak anda yangmana berisi fasilitas-fasilitas untuk mengelola rekening bank-nya kapanpun dimanapun. Dengan menggunakan M-Banking, anak tidak perlu repot-repot ke ATM untuk sekedar cek saldo. Anda juga dapat melatih anak anda supaya dapat mentransfer sendiri uang sekolahnya dengan menggunakan M-banking, kemudian men-screen shoot bukti pembayaran tersebut. Hal tersebut akan sangat berguna ketika suatu hari nanti anak anda harus berada jauh dari orang tuanya. M-Banking juga akan sangat membantu ketika anak anda ingin mulai mendapatkan uang jajan sendiri dengan bekerja sambilan seperti menjadi reseller took online, ataupun menerima honor seandainya anak anda mengirimkan tulisan-tulisan ke media cetak.
Cara memasangkan aplikasi M-Banking di smartphone anak anda adalah dengan mengunduhnya di Play Store maupun Google Play. Setelah itu, masukkan identitas rekening anak anda dan pastikan data terinput dengan benar. Jika sudah, ikuti panduan-panduan dari aplikasi tersebut untu dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitasnya.
Ingatkan anak anda, bahwa M-Banking hanyalah salah satu fasilitas untuk mengelola keuangan anak anda. Untuk masalah keluar-masuk saldo, itu adalah tanggung jawabnya sendiri.

foto: tokopedia

(Visited 165 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *