Mengajari Anak Menabung Uang di Celengan

saatnya anak menabung
celengan anak

Uang Celengan – Sebenarnya menabung di celengan itu tidak hanya dilakukan oleh anak-anak saja. Terkadang orang dewasa juga melakukannya. Orang dewasa kadang menabung di celengan dengan tujuan menampung uang recehan sisa belanja. Sedikit demi sedikit terkadang hasilnya lumayan juga jika kita konsisten dan disiplin.

Mengapa tidak ke bank saja? Biasanya orang dewasa tentu saja sungkan atau enggan pergi ke bank sekedar untuk menabung uang recehan atau sisa uang belanja. Paling praktis adalah memasukkan ke dalam celengan. Dan lupakan. Biasanya momen seperti lebaran atau tahun baru adalah saat yang tepat untuk membongkarnya. Hasilnya lumayan buat lebaran. Nah kalau untuk anak- anak biasanya menabung di celengan adalah bentuk mengenalkan uang kepada anak. Juga bentuk mengajari anak agar hemat. Dan menghargai nilai uang.

Cara yang sangat sederhana mengajari anak nilai uang adalah dengan mengajari menabung. Jika anak misalnya minta sesuatu barang untuk dibelikan. Maka ajari anak untuk menyisihkan uang jajannya untuk membeli barang yang diinginkan. Kita beri motivasi misalnya dengan bilang menabung dulu nanti kalau kurang ayah sama ibu yang akan menutupnya. Cara ini bisa membuat anak menghargai uang.

Ya patut menjadi perhatian jika kita menganjurkan anak menabung dengan celengan. Pastikan celengan yang bisa dibongkar pasang. Mengapa? Karena ternyata menabung di celengan biasanya bisa merusak fisik uang. Apalagi jika uang kertas yang dimasukkan dengan cara dilipat lipat. Udara yang lembab akan merusak material kertas uang. Jadi belilah celengan yang bisa dibongkar pasang. Seminggu sekali dibongkar untuk disetorkan ke bank. Cara ini selain untuk mengurangi kerusakan fisik uang juga menimbulkan rasa aman dengan tidak menyimpan uang tunai di rumah. Buatkan rekening untuk anak kita. Biarkan anak kita yang menyimpan buku tabungan untuk memberikan perasaan senang dan perasaan memiliki. Jika dirasa sudah cukup untuk membeli barang yang anak inginkan. Maka ajak anak untuk mengambil tabungannya. Ini bisa menimbulkan perasaan senang anak merasakan jerih payahnya. Jika membuat anak lebih menghargai uang.

Mengajarkan nilai uang kepada anak sejak dini akan berguna buat anak untuk menghormati uang. Ketika kita mengambil uang di ATM maka jelaskan bahwa uang yang kita ambil adalah uang kita yang kita simpan di bank. Uang hasil kerja ayah atau hasil kerja kita. Jika kita tidak menabung di bank maka kita tidak bisa mengambil uang di ATM. Kelihatan sederhana ya. Tapi sangat bermanfaat.

(Visited 102 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*