Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini Biar Masa Tua Makin Happy

dana pensiun

Jika kita berbicara masa pensiun pasti banyak hal yang akan kita pikirkan. Mulai dari berapa dana yang disiapkan, bagaimana menjaga kesehatan, aktivitas apa yang akan dilakukan dan bagaimana tetap happy serta jalan-jalan setelah masa pensiun sudah didepan mata. Tapi yang menjadi momok semua orang adalah bagaimana menyiapkan dana pensiun agar tetap bisa hidup nyaman meski tidak bekerja lagi seperti waktu muda.

Pensiun umumnya dilakukan ketika kita memasuki usia 55 tahun bisa kurang atau lebih dan itu semua tergantung dari keputusan yang kita ambil. Jika usia kita sekarang 35 tahun, dan memutuskan pensiun di usia 55 tahun maka diperlukan 20 tahun lagi. Apakah waktu tersebut akan cukup untuk mengumpulkan dana pensiun ? Apakah dengan bertambahnya beban kebutuhan rumah tangga kita mampu menyiapkan dana pensiun dengan baik ? Dan diartikel kali ini kita akan mengulas bagaimana menyiapkan dana pensiun dengan tepat dan sesuai sasaran.

Tips bagaimana menyiapkan masa pensiun dengan nyaman:

  1. Menyusun rencana keuangan, mulai dengan mneghitung semua aset yang dimiliki, berapa penghasilan kita, adakah hutang, piutang, kebutuhan pokok, kebutuhan lifestyle dan pastikan Anda sudah memiliki dana darurat. Pastikan bahwa dana darurat sudah aman dan mudah dicairkan.
  2. Mengetahui apa target pensiun kita, caritahu apa sih keinginan dan kebutuhan kita saat masa pensiun tiba. Tulis diatas kertas semua perkiraan kebutuhan saat pensiun tiba. Kebutuhan yang masuk seperti: kebutuhan pokok, transportasi, biaya perawatan rumah Anda, biaya kesehatan, biaya kendaraan dan hitung juga biaya jika Anda ingin memenuhi lifestyle. Hitung semua dan tulis diatas kertas.
  3. Ikut program pensiun. Anda juga dapat memilih program ini karena sudah banyak layanan perbankan yang menyediakan program dana pensiun atau Anda dapat menggunakan program pensiun dari BPJS.
  4. Investasi, lakukan investasi mulai dari sekarang. Dengan menghitung nomor 1 dan 2 maka selanjutnya Anda dapat memutuskan untuk investasi di bidang apa. Apakah via saham, properti kost atau lainnya. Salah satu aplikasi yang menyediakan program investasi adalah aplikasi online LinkAja. Aplikasi LinkAja bekerjasama dengan PT Mandiri Manajemen Investasi yang menyediakan pembelian reksadana. Dan enaknya aplikasi LinkAja dapat digunakan kapan saja, dimanapun jadi tidak mesti bolak balik ke kantor untuk membeli reksadana. Cukup dari rumah, maka Anda dapat melakukan aneka transakasi dengan LinkAja.

Yes, tips diatas dapat dilaksanakan jika kita disiplin dan berkomitmen. Bicarakan rencana keuangan Anda dengan pasangan secara jujur dan menghitungnya diatas kertas. Transparansi dan komitmen sangat penting untuk menyiapkan kebutuhan Anda dimasa tua nanti. Mulai dari sekarang, mulai siapkan.

(Visited 10 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*