Menyiapkan Pendidikan Anak Sejak Dini dari Rumah

mendidik anak sejak dini

Pendidikan anak adalah suatu hal yang penting bagi orang tua. Banyak dari suami – istri yang memang merencanakan pendidikan bagi anak – anaknya kelak, namun ada juga yang baru berpikir tentang pendidikan anak ketika anak sudah lahir. Lalu bagaimana sebenarnya menyiapkan pendidikan anak – anak itu? Mari kita kupas satu – persatu ya.

1. Pendidikan anak harus dimulai sejak dini, semasa masih dalam kandungan.
Menyiapkan pendidikan anak bukanlah suatu perkara yang bisa dilakukan sembarangan. Bukan menunggu ketika anak lahir baru memikirkan pendidikannya, namun jauh – jauh hari sebelum ia dilahirkan pun harus sudah merencanakannya. Salah satu hal yang tak boleh terlewatkan adalah pendidikan ketika anak masih dalam kandungan. Bagaimana kita sebagai orang tua berbicara dan mengajaknya untuk hal – hal kebaikan bisa dimulai ketika mengandungnya. Anak yang masih dalam kandungan bisa merasakan keberadaan orang tuanya, mendengar pembicaraannya dan ikut serta setiap aktivitas orang tuanya, terutama ibunya. Maka dari itu, sebagai orang tua kita wajib memberikan hal – hal positif kepada anak sejak dini dan menjaganya dari berbagai macam hal negatif yang ada di sekitar kita.

mendidik anak
2. Meningkatkan pengetahuan orang tua demi pendidikan anak semasa mendatang.
Menjadi orang tua tidak begitu saja pintar dalam segalanya. Ada kalanya kita juga belajar dari keadaan, belajar dari anak dan lingkungan sekitar kita. Nah, untuk memberikan pengetahuan dan pendidikan yang terbaik untuk anak, kita juga perlu lho Ayah Bunda untuk meningkatkan pengetahuan kita sebagai orang tua. Kita seringkali lupa, bagaimana memahamkan anak dengan pemahaman kita sebagai orang tua. Maka kita perlu mendalami juga bagaimana psikologi anak dalam menerima pemahaman terhadap informasi yang ia dapatkan. Supaya kita bisa membimbingnya dan mengembangkan pola pikir padanya sesuai dengan tahapan umurnya nanti.

3. Pengalaman menjadi guru terbaik bagi orang tua.
Mungkin orang tua kita bisa membuat kita takut dengan hanya satu kalimat, lalu kita menjadi patuh terhadap orang tua. Namun sekarang ini pengalaman dididik seperti itu justru tidak baik ketika diterapkan pada anak – anak zaman sekarang. Kita tidak mau kan anak – anak kita merasakan bagaimana ketika dulu kita menjadi anak – anak? Kita sebagai orang tua perlu meningkatkan pola asuh yang tepat untuk mereka, bukan membuat takut anak supaya mereka patuh pada orang tua. Jadikan pengalaman menjadi pembelajaran bagi kita semua. Ketika kita dulu sedih dibentak orang tua, maka setidaknya kita harus menahan diri untuk membentak anak. Ajarkan mereka pengertian dan pemahaman sebaik mungkin tentang kehidupan.

4. Membahas rencana pendidikan anak bersama pasangan.
Rencana pendidikan anak juga perlu dibahas bersama pasangan. Hal ini supaya terjadi kesamaan visi misi antara orang tua, biar selaras selama mendidik anak secara bersama – sama. Ketika membahas hal ini, sebaiknya Ayah Bunda menuliskan perencanaan tersebut di suatu buku ataupun file, supaya terlihat jelas bagaimana tahap – tahap pendidikan anak nantinya dan bisa dievaluasi suatu saat nanti.

5. Menciptakan lingkungan yang mendukung bagi perkembangan anak.
Zaman sewaktu orang tua masih kecil berbeda dengan zaman sekarang. Dulu, anak – anak bisa tumbuh secara bebas di lingkungan seperti main di sungai, berlari – larian di lingkungan rumah, main di sawah dan main di alam sesuka hati. Sekarang, lingkungan sudah berbeda, semakin meningkat pula ketidakamanan di lingkungan yang kita huni sekarang ini. Hal ini menjadi problem tersendiri bagi kita orang tua. Perlu lebih mengawasi anak – anak, dan memberikan perhatian yang cukup bagi mereka.

6. Melatih anak dengan berbagai macam proses pembelajaran di rumah.
Menyiapkan pendidikan anak tidak hanya memilihkan sekolah yang mendukung baginya, namun harus dimulai dari rumah. Bagaimana membuat anak ada keinginan untuk belajar, membuat anak antusias terhadap ilmu, membuatnya suka berlama – lama dengan buku, serta mengarahkan bakatnya supaya bisa lebih berkembang. Semua itu berawal dari rumah. Sebagai orang tua kita berkewajiban untuk memenuhi hak mereka dan mengenalkan mereka dengan ilmu yang benar sejak dini.

Itulah 6 hal yang perlu kita siapkan untuk pendidikan anak – anak kita kelak. Semoga bisa bermanfaat ya Ayah Bunda.

 

foto pexels

(Visited 6 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*