Pidato Mark Zuckerberg Pemilik Facebook di China

Kisah Mark Zuckerberg Pendiri Facebook
Mark Zuckerberg dan keluarganya

“Pidato Mark Zuckerberg pendiri /pemilik Facebook di China”, menjawab pertanyaan mengapa saya memperisteri seorang wanita berparas tidak cantik?.

Saya, Mark zuckerberg dari Facebook, saya adalah orang yang dberitakan sebagai seorang anak muda kaya raya yang tidak punya berita gossip, seseorang yang sangat mencintai istri, dan si Mark yang mempunyai tampang baby face.

Hari ini saya ingin menggunakan waktu beberapa menit untuk ngobrol dengan teman-teman di China, istilah kalian curhat.

Sama halnya pada awal tahun ini saya pidato di Beijing Qing Hua University, saya berusaha semaksimal mungkin menggunakan bahasa Mandarin, namun karena keterbatasan kemampuan bahasa Mandarin saya, saya mohon maaf bila ada yang kurang berkenan dan berusaha berbicara sebaik mungkin.

Kemarin dulu saya baru menjadi seorang ayah, teman-teman seluruh dunia menyampaikan ucapan selamat kepada saya dan kami sekeluarga, saya sangat terharu, namun tidak sedikit teman chinese yang menyampaikan kecurigaan mereka, utamanya 2 pertanyaan tersebut:

  1. Mengapa saya memperisteri seorang wanita tidak berparas cantik ?
  2. Mengapa saya menyumbangkan harta/saham facebook saya sebesar USD 45 milliard, apakah untuk menghindari pajak ?

Teman-teman saya menganjurkan saya tidak usah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang beredar. Bill Gates, penyanyi terkenal Shakira dan teman-teman saya berpendapat tidak perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Saya mengerti pemikiran mereka, menggunakan perumpamaan yang digunakan filsuf terkenal China Zhuang Zi, yaitu kodok didasar sumur tidak bisa diibaratkan sebagai laut, ulat di musim panas tidak bisa diibaratkan sebagai es. Mereka juga katakan, craa anda memandang dunia, dunia seperti itulah yang anda lihat. Anda tidak percaya keindahan dunia, dengan sendirinya anda tidak akan memiliki keindahan dunia.

Banyak Chinese yang mempunyai berbagai modus, mirip banyak rumput belukar didalam hatinya, mereka enggan membuka hati agar bisa menerima sinar matahari yang begitu elok. Mereka (teman-teman saya) bukan meremehkan kalian, hanya khawatir saya berpikir walaupun saya jelaskan kalian juga tidak mengerti, atau mungkin tidak mau mengerti, dengan demikian saya menjadi orang idiot, selain membuang waktu dan pikiran juga membuat mulut kering saja.

Saat ini zaman internet walaupun ulat musim panas belum pernah merasakan musim dingin, kita bisa menggunakan teknologi masa kini membuat emreka merasakan musim dingin, begitupun kodok yang belum pernah melihat lautan, kita mampu membuat mereka merasakan seperti apa lautan.

Saat ini berbagai hal dapat diwujudkan dengan Teknologi. Sekaligus menjawab lebih banyak pertanyaan kalian, umpamanya, mengapa saya tidak membeli mobil mewah dan mengapa juga selalu memakai T-Shirt yang sama.

Tahun ini saya bertemu Ibu Negara kalian saat mengunjungi Amerika, saat itu saya ngobrol dengan Jack Ma/ Ma Yun (pendiri/pemilik alibaba.com) dan Pony Ma/ Ma HuaTeng (pendiri/pemilik Tencent/QQ/We Chat) perihal mehapa saya menikahi seorang wanita tidak berparas cantik.

Saat itu saya belum menyumbangkan harta saham facebook saya, jadi belum waktunya menilai sumbangan tersebut untuk menghindari pajak atau bukan. Saya hanya perjelas duduk persoalan tapi bukan memberi penjelasan. Saya tidak perlu memberi penjelasan hal-hal pribadi saya. Namun saya tidak bisa menahan diri menjelaskan kepada Jack Ma dan Pony Ma perasaan dan pemikiran saya.

Entah mereka berdua mengerti tidak apa yang telah saya sampaikan, saya menduga mereka belum spenuhnya mengerti. Namun, tidak apa-apa, saya akan mengulangi menjelaskan dengan detail kepada teman-teman di China yang bersimpati ke saya. Saya tidak tahan menutupi kegembiraan atas kelahiran putri saya, entah kalian mengetahui tidak, sebelumnya kami mempunyai pengalaman pahit yakni istri saya mengalami 3x keguguran, sebelum ini kami sangat menginginkan mempunyai anak, namun istri saya mengalami 3 kali keguguran.

Saat anda mengira segera mendapatkan anak, anda akan merasakan segalanya penuh harapan, anda mulai berpikir anak-anak akan seperti apa, dan merencanakan segala sesuatu untuk mereka di masa akan datang, namun kemudian, semuanya tidak terjadi.

Teman-teman sekalian, apa kalian bisa membayangkan sebagai seorang ibu lulusan kedokteran Harvard University dan seorang ayah yang kaya raya, namun 3x gagal untuk memiliki anak, kalian bisa bayangkan seperti apa perasaan dan pengalaman kami. Sebagai pasangan suami istri pada umumnya, saat ini kami begitu gembura mendapatkan anak dan juga begitu sedih saat dulu kehilangan anak karena keguguran. Kami saling berpelukan, saling mengasihi, saling mendukung, bersama-sama melewati masa yang sulit, siang amupun malam.

Pengalaman buruk yang akmi alami, umumnya orang tidak akan membicarakan hal keguguran dengan orang luar, sama halnya dengan anda mempunyai kekurangan, atau telah melakukan kesalah yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Untuk itu anda cuma bisa menghadapinya sendiri. Seorang lelaki yang begitu mendambakan menjadi seorang ayah, tetapi mengalamai 3x kegagalan, namun sekarang mimpi tersebut telah menjadi keyakinan, saya sungguh tergugah…

(bersambung di Part 2)

Kiriman dari Bpk Paulus Wijaya di Salah satu group WA

(Visited 610 times, 1 visits today)

1 Trackback / Pingback

  1. 4 Cara Memaksimalkan Bisnis Anda dengan Facebook Marketing | Aku Ibu Cerdas

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*