June 18, 2024

Review – Cerita Dibalik Berdirinya Gamis Kids Afkyta

0

Sepenggal Kisah Di Balik Brand Gamiskids Afkyta, Ia termasuk tipe orang yang dinamis dan menyukai tantangan, selain itu juga termotivasi untuk bisa mempersiapkan diri menghadapi era pensiun di kemudian hari katanya.

Cukup lama baginya untuk mendapatkan momentum yang tepat, sampai ketika menghadiri pameran kerajinan dan produsen/ukm di Jogjakarta, bertemu dengan produsen HBO HSO. Tertarik, maka ia memasarkannya. sayang masih kurang masif dan tidak terorganisir, waktu itu hanya manual via fb fan BBM tanpa ilmu internet marketing, seo, dll. Maka ia mengalami kerugian, sisa stok sebagian di jual offline, sebagian dibagikan kepada yang membutuhkan.

Saat memasarkan HBO HSO tersebut, lantas bertemu Isah Kambali, pakar SEO dan Googleplus. Seminar pertama, ia mulai memasarkan kaos anime secara dropship dan alhamdulillah satu dua order closing. Blog pun masuk ke page one google seperti target yang telah ditetapkan. Akan tetapi target omset masih jauh dari harapan. Ternyata untuk mencapai omset yang besar tidak hanya harus page one google…banyak hal yang harus dilakukan.

Seminar sekali tidaklah cukup, maka januari 2014, ia membuat workshop bersama Isah Kambali yang kedua. Workshop kali ini membuatnya belajar privat dengan beliau, karena ternyata peminat acara workshop bisa dibilang tidak ada. Ada dua orang itu pun teman sendiri hahaha…Di acara ini ia belajar banyak bahwa menjadi EO acara itu tidaklah mudah, diperlukan strategi marketing yang jelas, persiapan yang matang. Bukan karena pembicaranya, tapi karena kurang persiapan promosi.

Berkat pengalaman ini, ia pun belajar akan arti pentingnya bergabung dalam sebuah komunitas. Hobi menulis membuatnya bergabung dalam sebuah komunitas menulis aktif berkreasi atau KOMPILASI di Purwokerto. Kemampuan ini sedikit membantu copywriting iklan atau status yang dipasang di media sosial, tentu saja dengan sedikit sentuhan ilmu covert dari ki Jendral membuat semuanya tambah lancar . Di komunitas akan diperoleh setiap informasi yang dibutuhkan, dan apabila ada kesamaan minat maka akan mudah pula melemparkan umpan.
Servis Springbed purwokerto adalah hasil prakteknya workshop bersama Isah kambali yang kedua, hasilnya? Page one google. Sampai sekarang tetap saja ada yang mengontaknya hendak menserviskan springbednya. Semua kontak dan orderan sudah ia serahkan pada tukang servisnya yaitu suami dari asisten rumah tangganya.

Karena omset belum menjanjikan, maka ia bekerja sama dengan teman menjual batik pekalongan secara offline dan online, omset offline cukup lumayan, tapi karena masalah waktu dan tidak bisa mengontrol supply sesuai selera yang ia harapkan, maka ia memutuskan untuk fokus di bisnis yang akan ia buat selanjutnya.

Next dia ikuti pula seminar online lainnya dan menggunakan tools yang cukup untuk membantu riset. Sampai ia tersentuh dengan status pakar branding Subiakto Priosoedarsono, yang membuatnya akhirnya menciptakan brand sendiri GAMISKIDS AFKYTA. Menyasar pangsa pasar gamis anak menengah ke atas dengan bahan-bahan yang berkualitas premium. Dalam proses riset produksi baju muslim ini tanpa dinyana, mempertemukannya dengan SBO sebuah sekolah bisnis online yang semakin memperdalam pondasi ilmu bisnisnya. Secara offline, ia pun mulai bergabung dengan Komunitas Bisnis online di Kabupaten ia dan mengikuti beberapa workshop yang rutin diadakan komunitas. Selain itu juga rajin membaca buku dan ebook bisnis. Kini teknik marketing telah lebih terukur dan tertarget, serta perencanaannya pun jelas. Kendalanya justru membagi waktu antara kerja dan berjualan online 😀

Beberapa persiapan dilakukan, design, perencanaan, supply bahan alat dan konveksi. Alhamdulillah dengan izin Allah SWT. Gamiskids Afkyta launching 11 Maret 2016 dan tembus omset 20.000.000 di bulan ketiga, selain itu juga telah ada 17 agen yang bergabung. Mungkin untuk banyak orang itu hal biasa, tapi untuknya luar biasa, karena banyaknya usaha yang ia lakukan sebelumnya. Kini tantangan di depan begitu besar, bagaimana mempertahankan brand ini di Indonesia, membuatnya semakin berkibar. Targetnya adalah mempunyai minimal 1 reseller di setiap kecamatan dan 1 distributor di setiap kabupaten. Mudah-mudahan Allah SWT menijabah doanya dan memudahkan, serta mendatangkan keberkahan bagi banyak orang. Aamiin.

(Visited 193 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *