Tips Aman Bertransaksi dengan Cara Online

tips aman bertransaksi online
transaksi online

Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, rasanya hampir semua hal dapat dilakukan dari dalam rumah. Mulai dari memesan makanan,mencari kendaraan, sampai berbelanja. Hal ini tentu sangat menghemat waktu dan tenaga, terlebih bagi para wanita karir yang sibuk sepanjang hari.
Kegiatan-kegiatan online semacam itu biasanya menyediakan beberapa pilihan metode pembayaran, salah satu cara pembayarannya adalah dengan cara Cash On Delivery. Pembayaran semacam ini dilakukan saat barang sudah diantarkan baik dengan menggunakan kurir maupun bertemu langsung dengan penjualnya. Namun, salah satu syarat untuk dapat melakukan transaksi cash on delivery ini adalah, jarak antara penjual dan pembeli biasanya tidak boleh terlalu jauh.

Lalu bagaimana jika kita ingin membeli barang online dari luar kota, atau bahkan luar pulau, yang jaraknya tidak memungkinkan untuk Cash on Delivery?
nah, itulah yang harus mendapat perhatian lebih. Metode pembayaran yang biasanya digunakan saat membeli barang secara online dengan jarak yang cukup jauh adalah dengan pembayaran online yaitu transfer.
Sayangnya, sampai saat ini masih banyak orang-orang yang kehilangan uangnya secara sia-sia karena tidak memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum mentansfer. Yuk disimak.

Yang pertama dan yang paling penting, anda harus memastikan dulu marketplace tempat anda membeli barang itu trusted atau tidak. Anda dapat mengeceknya dengan melihat review-review yang diberikan oleh para konsumennya. Anda juga harus menganalisis kemungkinan harga dari barang yang anda beli, apakah harganya masih masuk akal atau tidak. Misalnya, jika ada promo penjualan kamera DSLR dengan harga Rp. 100.000,-, anda harus memastikan apakah yang dimaksud benar-benar kamera yang anda inginkan atau hanya tipuan kalimat promosi semata.
Anda juga sebaiknya memperhatikan testimony-testimoni yang diberikan oleh para konsumennya.

Jika sudah yakin, anda dapat memulai proses transfer sejumlah uang seharga barang yang anda pesan. Sebaiknya anda meminta penjual untuk memberikan nomor rekening dengan bank yang sama dengan kartu ATM anda supaya tidak ada potongan cash dari saldo anda. Pembayaran online dapat dilakukan melalui Bank, ATM, ataupun M-Banking.
Sebelum melakukan pembayaran, tidak ada salahnya jika anda mengecek ulang nomor rekening beserta atas nama yang tercantum di dalamnya, apakah sudah sesuai dengan yang diberikan oleh penjual atau belum. Jika sudah, jangan lupa untuk tetap menyimpan dan memfoto struk tanda transfer sebagai bukti sampai barang pesanan anda tiba.
Jika anda melakukan transfer melalui M-banking, jangan lupa untuk men-screen shoot bukti transfer di smartphone anda.
Terus follow-up penjuaal jika barang belum sampai pada masa yang telah ditentukan.

Nah, setelah memperhatikan tips-tips di atas, sekarang anda siap belanja online?

(Visited 93 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*