Tips Memberi Uang Saku Bulanan Untuk Anak

memberi uang saku pada anak
uang saku pada anak

Tips memberi uang saku bulanan untuk anak – Pembentukan karekter anak adalah salah satu aspek penting untuk membangun masa depannya. Terdapat banyak cara untuk menuntun pribadi anak menjadi perangai yang disiplin dan bertanggung jawab, salah satunya adalah dengan memberikan tanggung jawab itu sendiri. Tidak perlu muluk-muluk, berilah tanggung jawab ringan terlebih dahulu seperti kewenangan untuk mengatur uang sakunya sendiri.
Lantas bagaimana cara mendidik anak untuk dapat menentukan apa-apa yang di butuhkan dana apa-apa yang dia inginkan?
Anda dapat memulainya dengan membukakan rekening tabungan bank khusus anak. Selain dapat melatih kedisiplinan anak, dengan membukakan rekening anak anda, anda juga sudah turut berpartisipasi dalam program pemerintah Gerakan Nasional Non Tunai yangmana adalah pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan pemerintah supaya masyarakatnya dapat mengurangi transaksi pembayaran jual beli barang maupun jasa dengan sistem pembayaran uang tunai dan beralih ke pembayaran non tunai yang menggunakan media pembayaran berupa ATM, Kartu Kredit, maupun Check.

Jika anda sudah membukakan rekening bank untuk anak anda, maka anda sudah dapat mulai memberikan uang saku bulanan dengan cara mentrasfernya dari rekening anda yang mana akan masuk ke tabungan anak anda dan terhubung dengan ATM sebagai media transaksinya. Memberikan uang saku anak dengan menggunakan uang non tunai akan mempermudah anda untuk mengawasi pengeluaran yang dilakukan anak sehingga anda dapat menegurnya sewaktu-waktu jika anda merasa pengeluaran anak anda tidak sesuai dengan kebutuhannya.

Jelaskan pula kepada anak anda tentang Gerakan Nasional Non Tunai yang mencatat segala transaksi dengan ATMnya dan anda juga akan mendapat laporan akan penggunaan ATM anak anda, sehingga ia akan terbiasa bertanggung jawab akan uang yang dikeluarkannya.
Lakukan cross check setiap akhir bulan untuk mengevaluasi penggunaan uang yang anda berikan pada awal bulan. Jangan segan untuk menegur jika anda mendapati ketidak pantasan yang dilakukan anak anda dengan ATMnya dan jangan segan pula untuk memuji jika anak anda ternyata sudah mampu bertanggung jawab akan apa yang dimilikinya. Dengan begitu, anak anda akan merasa diawasi sekaligus dihargai sehingga ia akan menjadi lebih bertanggung jawab dalam menentukan pilihannya.

foto chatterblock

(Visited 49 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*