Tips Memulai Bisnis Online untuk Karyawan

Banyak Karyawan yang bekerja merasa kurang penghasilannya atau butuh penghasilan tambahan yang tidak mengganggu Pekerjaannya, atau mungkin Karyawan yang ingin memulai Bisnis saja karena banyak faktor yang membuatnya tidak mau bekerja lagi. Untuk mereka yang ingin memulai sebuah bisnis Online pasti lah terasa sulit karena tidak tahu harus melakukan apa dan darimana harus memulainya. Sebenarnya ada beberapa tutorial yang mengajarkan kepada kita tentang cara memulai Bisnis Online.

cara-Memunculkan-Ide-Bisnis-Untuk-Ibu-Rumah-Tangga

Sebaiknya kita juga mengetahui dan menentukan jenis bisnis Online seperti apa yang akan dijalankan karena model tiap bisnis Online itu sangat banyak dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Kita juga harus belajar membangun mental-mental yang Positif dari diri kita jika kita ingin serius membangun Bisnis Online. Contohnya seperti :

  • Mau Belajar dengan serius dan sungguh-sungguh
  • Mau bekerja keras
  • Pantang menyerah atau kalau kata pemadam kebakaran “Pantang Pulang sebelum Padam”
  • Punya mimpi yang Besar dan Terukur
  • Mau mengambil resiko

Jika anda sudah bersedia mau belajar memiliki sikap mental Positif, sekarang saatnya kita membahas bagaimana cara memulai bisnis Online yang menguntungkan dan jangka panjang. Perhatikan beberapa Model Bisnis Online yang akan saya share kepada anda, mungkin sesuai dengan minat dan kemampuan anda.

1. Membangun Blog / Website

Langkah Paling Awal dan mudah yang bisa dilakukan oleh seorang pemula untuk membangun sebuah bisnis Online adalah membangun sebuah blog / website. Belajar membangun sebuah Blog / Website dengan topik tertentu dan memberikan manfaat bagi audiens adalah sesuatu yang tidak terlalu sulit. Kita bisa membuat blog yang isinya berhubungan dengan Hobby atau minat orang lain yang sama dengan anda.

Setelah memiliki banyak pengunjung, anda bisa memonetize blog tersebut dengan banyak cara. Ada yang dengan memasang iklan, iklan produk sendiri, iklan affiliasi, menjual jasa artikel review dan lain – lain, atau bisa juga menjadi publisher dan memasang iklan PPC Google adsense. Jika anda memiliki sebuah blog yang professional, pasti akan memberikan keuntungan jangka panjang Per Clicknya.

2. Membangun Toko Online

Membuat toko Online sendiri bukanlah hal yang sulit lagi, sudah banyak Platform toko Online, anda hanya cukup posting produk anda dan penjelasannya, atau bisa dengan menggunakan WordPress dan Blogspot. Kalau anda memang punya keahlian dalam bidang Web Developmen tentu akan lebih mudah lagi membuat toko Online.

Lalu kalau tidak punya produk sendi bagaimana? kita bisa menjual produk orang lain yang memang banyak dicari di Internet, dengan mengikuti program dropshio dari Suplier Besar. Keuntungan dengan sistem dropship ini kita tidak perlu pusing dalam pengadaan barang, tidak perlu juga menyetok barang, tidak melakukan proses packing dan pengiriman barang, tapi barang dikirim atas nama kita.

3. Menjual Produk Digital

Kalau kita punya keahlian di Bidang tertentu, maka keahlian tersebut bisa kita salurkan dalam bentuk Ebook, Video atau Membership. Model Bisnis ini potensinya luar biasa dan sangat menjanjikan, apalagi dijaman digital saat ini, dimana orang semakin banyak yang memilih membaca buku digital dibanding buku fisik. Produk digital ini biasanya laris di Komunitas-komunitas tertentu yang membutuhkannya.

4. Menjadi Penulis Artikel (Ghost Writer)

Profesi yang satu ini cukup laris manis di Dunia Internet, Karena banyak pemilik website yang sibuk untuk mengurus Websitenya, yang pada akhirnya membutuhkan penulis Konten untuk situs mereka. Bukan hanya situs besar saja yang membutuhkan penulis, situs-situs yang masih merintis juga membutuhkan penulis-penulis handal. Buat anda yang memiliki keahlian dan minat besar dalam menulis, manfaatkan hal tersebut dan bisa menjadi ladang penghasilan.

Pilihlah secara bijak yang mana yang ingin anda lakukan, anda adalah seorang karyawan yang punya kesibukan secara Offline bekerja di suatu perusahaan, Jangan sampai Bisnis Online mengganggu pekerjaan anda, kecuali anda ingin fokus di Bisnis Online dan meninggalkan Pekerjaan anda. Belajar dan Lakukan dengan serius.

Baca Juga :

Kisah Inspiratif Elly Risma, Psikolog Penyayang Anak

(Visited 94 times, 1 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*