Tips Memulai Bisnis Online untuk Mahasiswa

Banyak bermunculan Pengusaha-pengusaha muda yang berasal dari Mahasiswa, Mereka rata-rata memulai bisnisnya dengan menggunakan sistem Online. Biasanya dari mereka ada yang ikut-ikutan temannya, ada juga yang ingin menambah uang jajan dari bisnis Online, Hebatnya lagi para pengusaha muda ini bertekad ingin membayar Kuliah dan Biaya Hidupnya dari Bisnis Online yang mereka kerjakan.

Internet saat ini memunculkan dunia virtual, ternyata mampu mendorong kita untuk membangun bisnis dengan cepat dan dapat dijadikan sumber penghasilan utama. Kalau tidak memulai dari sekarang maka kita akan tertinggal bahkan kita akan menjadi diri yang konsumtif saja, tapi tidak bisa menghasilkan uang dari dunia Online.

Banyak pertanyaan-pertanyaan yang timbul dalam pikiran kita ketika mau memulai bisnis Online, Pertanyaan yang memberikan keraguan terhadap kita yang ingin memulai bisnis, seperti :

  • Bisa nggak ya Bisnis online ini saya jalankan?
  • Kalau Bangkrut gimana? kalau gagal gimana?
  • Cocok apa nggak yaa Bisnis online ini?
  • Kalau nanti di tengah jalan Stuck gimana?
  • Saya orangnya Mood-mood an, Kalo nanti males di tengah jalan gimana ya?
  • Apa aja yang harus saya lakukan supaya bisa terjual?
  • Berapa modal yang dibutuhkan?
  • … Dan banyak pertanyaan lainnya.

Banyaknya pikiran-pikiran Ghaib yang menghalangi kita untuk memulai bisnis Online, yang pada akhirnya memberikan keraguan untuk memulai bisnis. Menurut saya, ketika anda sudah memiliki Ide untuk bisnis Online, anda mesti eksekusi Ide Bisnis anda. Ada tips Singkat  memulai Bisnis Online untuk Mahasiswa, seperti :

1.  Putuskan apa yang mau anda jual. Pikirkan apa yang mau anda tawarkan ke Orang lain Lewat Media Online, caranya mudah saja anda hanya perlu menjadi Problem Solver dari orang sekitar anda, lihat apa kebutuhan mereka, tukar manfaat yang bisa anda berikan menjadi sebuah transaksi yang saling menguntungkan. Banyak dari Orang fokus ke Produknya, bukan pada kebutuhan orang-orang.

Lakukanlah riset Produk, dan sebisa mungkin carilah Produk-produk yang cepat laku dan perputarannya cepat jika anda belum mempunyai Produk sendiri yang anda jual. Anda bisa menggunakan Konsep Dropship, Reseller, Kemitraan dengan Produsen, atau sebagai Affiliasi Produk suatu vendor.

4-Kebiasaan-Orang-Sukses-Yang-Harus-Anda-Tiru

2. Membuat Lapak Online. Buatlah sarana untuk menyampaikan jualan anda ke orang-orang. Kita bisa memulai dari situs social Media, Aplikasi Social Chat dan situs Marketplace. Apalagi anda Mahasiswa tentunya anda tahu kan Dimana keramaian yang dipakai oleh Para mahasiswa di dunia Online, Seperti Facebook, Twitter, Instagram, BBM, Line, Bukalapak, tokopedia, OLX, dan lainnya.

Jika anda belum bisa membuat Web sendiri, Anda bisa memanfaatkan itu untuk membuat Lapak Online, untungnya lagi itu Gratis dan anda tidak perlu membuat Website, tampilan website dan lainnya. Anda juga bisa memulai dengan Website yang Gratis seperti Blogspot atau WordPress.

3. Promosikan Produk anda. Setelah Lapak online anda siap, anda bisa mengisi dengan informasi Produk / Jasa yang anda miliki. Buat lah Website untuk Destinasi Penjelasan Produk lebih detail. Gunakan kata-kata yang memang pantas untuk anda tampilkan di Website, pilihlah yang sesuai dengan kata kunci jualan anda. Anda juga bisa memanfaatkan Social Media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan situs social media lainnya. Sekarang juga banyak situs-situs Marketplace atau Forum seperti Kaskus, Bukalapak, TokoBagus(Sekarang OLX), Tokopedia, dll.

Sudah banyak sarana yang membantu anda untuk berjualan di dunia Online, sisanya tergantung dari diri anda sendiri mau bagaimana memulainya. Mulai saja dulu nanti anda akan belajar lebih banyak lagi, dan ilmu ini akan dapat berguna dengan tenor waktu yang sangat Panjang kedepannya. Anda juga bisa mendapatkan Customer dari Luar Indonesia lewat Bisnis Online.

(Visited 85 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*