Tips Pola Makan Sehat Untuk Ibu Rumah Tangga

Mempunyai keluarga yang senantiasa sehat jasmani maupun rohani tentu jelas menjadi dambaan bagi setiap orang, terlebih pentingnya kesehatan yang bisa mempengaruhi aktivitas sehari – hari. Untuk itu upaya tetap menjaga kesehatan harus senantiasa menjadi perhatian bagi setiap orang. Bagi ibu rumah tangga sudah menjadi kewajiban untuk senantiasa menyediakan dan mengontrol makanan untuk keluarganya, dengan memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi itu mengandung zat gizi dan sumber energi yang baik bagi tubuh. Walaupun ada orang yang lain yang membatunya (asisten rumah tangga) dalam melakukannya.
Berikut ini kami akan memberikan beberapa tips tentang bagaimana menerapkan pola makan sehat untuk ibu rumah tangga :

Tips-Pola-Makan-Sehat-Untuk-Ibu-Rumah-Tangga

* Membuat banyak warna dalam olahan makanan
Dalam menyediakan makanan upayakan untuk dapat menambah warna yang lebih dalam makanan sehari – hari seperti buah dan sayur. Karena buah berwana dan sayuran kaya akan kandungan vitamin, nutrisi dan juga mineral yang akan membantu kehidupan lebih sehat.

* Menghindari minum yang berlebih saat makan
Sebaiknya ini menjadi hal yang harus disampaikan kepada setiap orang untuk saling mengingatkan, minum segelas air atau lebih saat makan ternyata akan mempersulit kinerja pencernaan. Hal ini hasil dari penelitian yang menunjukan bahwa minum air ketika makan bisa mengencerkan kosentrasi pada asam lambung atau HCL yang sangat dibutuhkan untuk proses pencernaan makanan. Hal ini mengakibatkan makanan yang dicerna hanya sedikit. Jika dilakukan terus menerus dapat menimbulakan berbagai penyakit. Untuk itu sebaiknya adalah dengan minum air sebelum makan dan dua jam sesudahnya.hal ini dapat membatu dalam penyerapan nutrisi yang lebih baik.

* Melambatkan makan
Melambatkan ketika makan akan otomatis membuat kita mengurangi jumlah makanan yang akan dikonsumsi.Kemudian ketika makanan berada dalam mulut sebaiknya dikunyah 20 sampai 25 kali sebelum ditelan. Makan dengan cepat bisa mendorong orang untuk makan banyak, selain itu organ pencernaan akan kerja lebih keras jika makanan tidak dikunyah dengan benar.

* Menghindari makanan siap saji
Makanan kalengan siap saji atau dalam bentuk kemasan lainnya biasanya banyak mengadung bahan pengawet. Untuk itu sebaiknya memasak seketika dari bahan – bahan yang segar seperti buah, sayuran, daging dan lainnya karna itu jauh lebih baik.

Beberapa tips di atas sebaiknya diterapkan dalam kehidupan sehari – hari, karena pola hidup sehat dapat meningkatkan umur harapan hidup untuk melakukan hal bermanfaat.

Baca Juga:

 Tips Bisnis Ala Ibu Rumah Tangga

(Visited 409 times, 1 visits today)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*