January 30, 2023

Vitamin Untuk Ibu Hamil Agar Tidak Mudah Lelah

vitamin ibu hamil agar tidak mudah lelah

Hamil adalah perjalanan spesial untuk menjadi seorang ibu. Tidak sekedar membutuhkan persiapan mental melainkan juga harus memperhatikan persiapan fisik diantaranya adalah asupan nutrisi, vitamin dan olahraga yang cukup agar ibu hamil sehat selama proses kehamilan hingga persalinan tiba. Ya, artikel kali ini kita akan membahas tentang salah satu hal yang paling dibutuhkan oleh ibu hamil adalah asupan vitamin yang tepat agar ibu hamil tidak mudah lelah dan nyaman beraktifitas.

Kebutuhan vitamin untuk ibu hamil sendiri berbeda-beda tiap tahapannya. Saat trisemester pertama kebutuhan vitamin akan berbeda dengan trisemester kedua dan ketiga. MakaiIbu hamil harus mengkonsumsi vitamin yang cukup selama proses kehamilan karena dibutuhkan oleh janin yang berkembang. Tidak hanya untuk janin melainkan juga untuk kesehatan si ibu. Karena ada proses yang tidak kalah penting yaitu proses saat persalinan dimana membutuhkan stamina yang prima dan ini semua didapat ketika ibu memenuhi asupan nutrisi dan vitamin selama proses kehamilan.

Berikut adalah vitamin untuk ibu hamil agar tidak mudah lelah:

  1. Asam folat
  2. Zat besi
  3. Kalsium dan vitamin D
  4. Vitamin C

Bahaya jika Anda tidak mengkonsumsi vitamin ketika hamil:

  1. Jika Anda kekurangan asam folat maka akan mengakibatkan gangguan sistem saraf pada janin
  2. Kekurangan yodium akan mengakibatkan terhambatnya perkembangan syaraf janin apalagi saat trisemester awal yaitu saat jaringan otak dan syaraf sedang terbentuk. Yodium sendiri zat mineral yang mempunyai peran untuk membentuk zat tiroid. Dan dari tiroid ini memberikan pengaruh untuk perkembangan otak dan organ tubuh, sistem pencernaan, dan mengendalikan kontraksi otot. Yodium sendiri dapat kita temukan dimakanan seperti: makanan laut, telur, susu
  3. Kekurangan zat besi akan mengakibatkan badan kita terasa lemah, denyut jantung tidak beraturan, nyeri dada, mudah lelah. Selain itu jika ibu hamil mengalami kekurangan zat besi dapat mengakibatkan anemia dan yang lebih parah lagi dapat menyebabkan kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan yang rendah, dan depresi setelah persalinan.
  4. Kekurangan kalsium akan meningkatkan resiko osteoporosis, mudah merasakan kelelahan saat proses kehamilan dan berdampak pada buruknya mood, hipertensi saat kehamilan, bahkan mengalami hipokalsemia yaitu meningkatnya kadar timah dalam darah yang membahayakan bagi janin dalam kandungan.

cdr untuk ibu hamil

Untuk kebutuhan kalsium sendiri bagi ibu hamil perharinya adalah 1000 mg. Kebutuhan kalsium sangat wajib dipenuhi karena janin membutuhkan kandungan tersebut agar rangka tubuh janin dapat terbentuk dengan sempurna. Nah, kebutuhan ini dapat dipenuhi dengan konsumsi makanan tinggi kalsium dan jika perlu minum CDR. CDR memiliki kandungan yang cukup untuk kebutuhan ibu hamil. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan tulang, CDR juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi. Apalagi saat hamil kita memerlukan kalsium dalam jumlah yang cukup, jika tidak terpenuhi maka akan mengambil dari tulang si ibu.

Masa kehamilan adalah masa yang singkat. Pembentukan, perkembangan janin sangat bergantung dari asupan yang dikonsumsi oleh si ibu. Jika ibu memilih asupan yang baik maka besar kemungkinan pertumbuhan janin juga akan baik. Dan tidak sekedar pertumbuhan saja melainkan juga perkembangan IQ dari si janin akan dipengaruhi oleh asupan si ibu.

Dan yang paling penting adalah pastikan si ibu selalu konsultasi dengan dokter untuk makanan-makanan yang baik. Penuhi asupan nutrisi ibu hamil agar proses kehamilan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Ibu hamil sehat, nutrisi tepat dan jika perlu minum CDR untuk tulang dan gigi yang sehat.

(Visited 8 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *